Salah satu cara menambah penghasilan adalah kerja sampingan di rumah. Ada banyak cara untuk kerja sampingan di rumah, seperti bekerja freelance dengan waktu yang bebas, partime sepulang bekerja, bisa juga fulltime dengan meminta orang lain membantu mengurus kerja sampingan di rumah.

Bekerja sambil kerja sampingan di rumah bukan perkara yang mudah. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum memulai kerja sampingan di rumah agar usaha sampingan bisa tetap berjalan dengan baik dan bisa menambah penghasilan tanpa mengganggu pekerjaan utama.

Berikut ini adalah kendala yang biasa dihadapi oleh seseorang yang bekerja sekaligus kerja sampingan di rumah.

1. Bingung menentukan bidang usaha

Hal yang pertama kali dipikirkan ketika ingin kerja sampingan di rumah adalah bidang usaha yang ingin dibuat. Tentu saja hal ini membingungkan karena usaha sampingan yang dibuat tergantung modal, skill, tempat usaha, usaha apa yang laris diburu pembeli, dan sebagainya.

Segala sesuatunya memang harus dipersiapkan secara matang agar kerja sampingan bisa sukses dan memberikan pendapatan dan keuntungan

2. Pembagian waktu antara pekerjaan utama dan sampingan

Bagi orang yang bekerja, tidak mudah membagi waktu antara pekerjaan utama dan kerja sampingan di rumah. Kamu bisa menyiasatinya dengan mengurus kerja sampingan sepulang kerja/ saat libur. Jika harus produksi barang, mintalah bantuan orang lain untuk mengurus kerja sampingan di rumah. Sehingga keduanya tidak keteteran

3. Manajemen usaha

Manajemen usaha adalah hal penting yang juga harus dipikirkan ketika kamu memutuskan membuka kerja sampingan di rumah. Kamu harus selalu mengontrol kualitas produk dan apapun yang berhubungan dengan usaha termasuk tingkat kepuasan pelanggan. Sehingga pekerjaan sampingan tetap terurus dengan baik.

Itulah beberapa kendala yang biasa dihadapi oleh para pekerja yang juga membuat kerja sampingan di rumah. Namun setiap kendala pastilah ada solusinya. Oleh karena itu, dalam membuat kerja sampingan di rumah juga perlu memiliki kesabaran dan pemikiran yang jernih untuk menghadapi kendala dan mencari solusi atas setiap permasalahan yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *