Ketika Anda memutuskan untuk berwisata ke Malang, sebaiknya Anda tidak hanya mengunjungi objek yang berupa pantai, waterpark, taman atau air terjunnya saja, tetapi kunjungi juga objek wisata religinya. Selain bisa Anda nikmati pemandangannya, objek wisata religi ini juga memiliki keunikan masing-masing.

Setidaknya ada 3 tempat wisata religi di Malang yang bisa Anda kunjungi, antara lain:

1. Gunung Munjur Malang

Objek wisata religi gunung di Malang yang pertama adalah Gunung Munjur. Selain menjadi wisata religi, objek wisata ini sekaligus menjadi objek wisata alam yang cukup menakjubkan. Objek wisata ini juga dikelilingi oleh lahan pertanian.

Karena namanya adalah gunung, maka tidak heran apabila saat akhir pekan selalu ramai oleh pengunjung, terutama dari komunitas Trail dan juga sepeda Downhill.

Di gunung ini terdapat dua buah makam unik yang berdasarkan cerita sejarah, kedua makam ini sudah ada bahkan sejak masa Kerajaan Singosari, dan masih sering diziarahi hingga saat ini. Letak keunikan makan ini ada pada posisinya yang berbeda.

Untuk lokasinya, Gunung Munjur ini ada di Desa Taman Harjo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.

2. Gunung Batok Malang

Sebenarnya untuk Gunung Batok ini terletak di 4 kabupaten sekaligus yaitu Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Probolinggo. Gunung Barok ini juga bagian dari Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Kita sudah tahu bahwa kawasan taman nasional ini terkenal akan keindahan alamnya. Namun, yang menjadikannya religi adalah kebiasaan yang sering dilakukan oleh masyarakat setempat, diantaranya adalah berziarah pada maka lelulur, dan ada juga sebuah goa kecil di sana yang bernama batok.

3. Gunung Kawi

Ternyata Gunung Kawi juga bisa disebut sebagai wisata relgi. Di gunung ini, Anda bisa menemukan banyaknya bangunan berarsitektur khas Tiongkok, diantaranya adalah kuil untuk melakukan ritual yang khas Kong Hu Cu.

Jadi, dengan berkunjung ke gunung ini, selain bisa menikmati pemandangan yang cantik dan udara yang sejuk, Anda juga bisa sekalian wisata religi dan sejarah. Bonusnya adalah Anda bisa menyaksikan masyarakat Tionghoa yang melakukan ritual keagamaan di sini.

Itu saja ketiga gunung yang bisa Anda tuju bila Anda ingin berwisata religi di Malang. Jika Anda tidak mau ribet dengan urusan persiapan, kendaraan, akomodasi dan lain-lain ketika liburan ke Malang, Anda bisa memanfaatkan jasa paket wisata Malang.