Mempersiapkan tenaga kerja yang bermutu adalah tugas pokok dari Sumber Daya Manusia (SDM) perusahaan. Memiliki karyawan yang bermutu dari segi skill saja tidak cukup, diperlukan loyalitas lebih sehingga produktivitas karyawan tampak nyata. Hasilnya adalah profit yang diraih oleh perusahaan menjadi meningkat secara konsisten. Ada trik trik khusus dalam membuat karyawan loyal terhadap perusahaan yang sudah terbukti. Anda sebagai HRD atau SDM dapat segera mempraktekkan trik berikut.

1. Memberikan training rutin

Lebih banyak usaha atau bisnis sering menginginkan tenaga yang langsung ada alias instan. Dengan demikian kita tidak tahu seberapa besar loyalitasnya terhadap perusahaan. Yang terpenting bisnis berjalan dan mendapatkan profit besar entah tidak peduli siapa yang dipekerjakan dan seberapa besar prestasinya yang diberikan. Ini memang dapat berjalan dengan lancar, namun lebih banyak dari mereka tidak akan bertahan lama dalam suatu perusahaan.

Training menjadi salah satu solusi tepat yang dapat dilakukan secara berkala sehingga semakin menambah skill karyawan. Tidak hanya skill fisik yang dapat tampak oleh penglihatan HRD, faktor loyalitas dapat disisipkan pada pelatihan ini.

2. Menciptakan lingkungan yang baik dan menyenangkan

Membuat suasana bekerja menjadi menyenangkan merupakan hal yang tidak mudah bagi perusahaan. Ini dapat diterapkan melalui pembuatan aturan dan budaya pada lingkungan perusahaan tersebut. Di sini sikap yang pasti menjadi peran utama dalam lingkungan ini. Termasuk sikap dalam berkomunikasi yang ada harus selalu terjaga harmoni.

3. Menyiapkan sistem penggajian tepat

Faktor salary menjadi faktor yang paling ditunggu bagi karyawan. Sekarang sudah ada model penggajian Payroll yang dapat secara tepat dan cepat membagikan gaji tanpa harus bertemu dengan karyawan. Ini sudah mencakup aplikasi PPh 21 yang di dalamnya dapat menyelesaikan perhitungan pajak penghasilan. Karyawan tidak perlu lagi memikirkan penatnya pengisian pajak Indonesia yang membutuhkan prosedur lebih lanjut.

Jika Payroll system ini dijalankan dengan baik dan selalu tepat waktu, maka karyawan pasti akan senang dan lebih semangat. Ini sudah terbukti bahwa karyawan selalu membutuhkan penghargaan berupa gaji. Dan ini menjadi segmen yang paling sensitif. Terlambat satu hari saja pasti sudah ada yang mengkritisi bahkan sering berujung demonstrasi karena gaji terlambat.

4. Memberikan penghargaan bagi yang berprestasi

Banyak karyawan yang berprestasi dalam suatu perusahaan. Jika mereka tidak mendapatkan penghargaan, pasti akan timbul illfeel sehingga suasana kerja menjadi tidak menyenangkan. Sekecil apapun penghargaan yang mereka terima, ini menjadi sesuatu yang luar biasa bagi mereka dan dapat memompa semangatnya untuk semakin produktif. Ini juga dapat diterapkan melalui penghargaan ucapan. Tetapi penghargaan yang paling menyenangkan adalah berupa uang atau bonus. Memang ada juga dari sekian penghargaan, perusahaan menyiapkan bonus berupa liburan bukan dalam bentuk uang.

Penghargaan dalam bentuk uang juga dapat diberikan pada Payroll system yang terintegrasi pada software HR di atas. Dengan demikian sistem HRD yang ada dalam perusahaan tersebut dipercaya ampuh dalam menumbuhkan loyalitas dan produktivitas karyawan terhadap perusahaan.