Selain dikenal sebagai Negeri Sakura, Jepang juga terkenal sebagai negara yang penduduknya berumur panjang. Sebutan tersebut tampaknya memang sangat benar mengingat warganya sudah banyak yang berumur di atas 90 tahun. Populasi warga senior di Jepang saat ini menduduki peringkat atas sebagai negara yang memiliki jumlah populasi tua terbanyak.

Menurut berbagai sumber, populasi senior di Jepang sudah mencapai 28,9% dari total jumlah populasi keselurahannya. Tidak hanya umur panjang saja yang patut dikagumi karena penduduknya juga termasuk golongan yang paling sehat dari negara lainnya. Tidak heran kalau masyarakatnya yang sudah tua masih saja aktif bekerja, bahkan di antaranya jarang sakit.

Anda yang ingin berumur panjang dan tetap aktif bekerja, sepertinya perlu melihat dulu gaya hidup orang Jepang seperti dilansir di bawah ini.

1.Konsumsi green tea setiap hari

Anda yang pergi ke Jepang, pasti akan selalu melihat produk-produk makanan maupun minuman yang berbahan dasar green tea. Mulai dari minuman botolan, kue, teh, es krim, sampai cemilannya pun berbahan green tea yang terbukti memiliki kandungan anti oksidan yang sangat banyak. Kandungan tersebut mampu mengeluarkan racun-racun dalam tubuh, menyehatkan organ-organ tubuh, dan mencegah terkena penyakit berbahaya.

2.Makan seafood

Anda pasti tidak asing lagi dengan kebiasaan makan sushi di Jepang, bukan? Dengan bahan-bahan dari makanan laut, seperti ikan, gurita, dan sebagainya, mereka mengolahnya menjadi makanan yang sehat untuk mereka konsumsi hampir setiap harinya.

Seafood termasuk sumber utama dari kandungan Omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan organ lainnya. Anda yang ingin sehat seperti orang Jepang, mungkin harus mengkonsumsi seafood. Tapi harus diingat, jangan mengkonsumsinya terlalu banyak, apalagi Anda yang menderita darah tinggi.

3.Sering konsumsi kacang kedelai

Kacang kedelai juga menjadi bahan makanan yang banyak dikonsumsi oleh orang-orang Jepang. Dalam bentuk natto di mana kacang kedelai sudah difermentasi, mereka selalu mengkonsumsinya di hidangan manapun. Terkadang mereka mencampurnya dengan sayuran atau tahu.

Kacang kedelai memiliki kandungan protein yang menyehatkan organ pencernaan. Kalau di Indonesia, tempe merupakan olahan kacang kedelai yang paling populer. Konsumsilah banyak tempe agar tubuh Anda tetap sehat.

4.Makan dengan porsi kecil

Kalau Anda perhatikan porsi makan orang-orang Jepang, pasti Anda akan menyadari kalau mereka menggunakan mangkuk yang kecil. Berbeda dengan di Indonesia yang sering memakai piring sebagai tempat makannya, di Jepang mereka memakai mangkuk yang tidak hanya mereka pakai untuk sup saja.

Dengan memakai mangkuk, mereka akan mudah terasa kenyang, apalagi mereka menerapkan 80% rasa kenyang sudah sangat cukup untuk sekali makannya. Tidak heran tubuh orang-orang Jepang jarang sekali ada yang sangat gemuk atau mengalami obesitas.

Terapkan gaya hidup orang Jepang di atas agar tubuh Anda selalu sehat dan tetap produktif bekerja, apalagi bisa berumur panjang. Hindari konsumsi hal-hal yang negatif, seperti narkoba, alkohol, dan semacamnya agar penyakit tidak mudah datang ke tubuh Anda. Hidup sehat, tentu sangat menyenangkan, bukan?