Banyak anak muda yang mengaku berwawasan dengan berbagai argumennya di media maya. Mereka pun tampil dengan stylish agar terkesan keren. Namun, ternyata tak banyak dari mereka yang suka apalagi hobi membaca. Padahal membaca itu keren dan memiliki banyak manfaat. Tak heran, Indonesia memang minat bacanya peringkat 60 dari 61 negara. Jika diprosentasekan 0.001 persen penduduk Indonesia yang suka membaca.

Banyak manfaat yang akan didapatkan jika kalian hobi membaca. Tentunya akan menambah wawasan dan dengan wawasan yang luas, pola pikir dan argumenmu tentu akan semakin keren. Selain itu, ada beberapa manfaat lain yang sangat menguntungkan, antara lain:

1. Analisa semakin Meningkat

Saat kalian membaca sebuah buku, apapun bukunya,pasti akan menerka-nerka apa isi selanjutnya. Kalian akan mengaitkan tiap bagian buku yang sudah kalian baca. Lalu, akan menganalisa bagaimana isi bagian buku selanjutnya.

Jika apa yang ditulis di buku merupakan pendapat penulis, secara spontan di pikiran kalian tentu juga akan ikut untuk menganalisa pendapat yang dipaparkan oleh penulis tersebut. Bahkan kalian pasti juga akan membandingkannya dengan pendapat yang kalian miliki.

2. Menjadi Pribadi Fokus dan Berkonsentrasi

Buku yang sedang kalian baca akan mengalihkan dunia kalian sementara. Tanpa disadari, kalian akan berfokus dan terhanyut di dalamnya. Kalian akan berkonsentrasi untuk memahami isi dalam buku tersebut.

Jika kalian sangat menikmati buku tersebut, mungkin juga kalian akan benar-benar mengabaikan sekitar. Suara berisik atauapun suasana tak menyenangkan pun akan dapat dengan mudahkalian abaikan. Kalian tak akan merasa terganggu karena sudah terlalu fokus pada buku yang kalian baca.

Tentu secara tidak langsung, ini juga dapat berpengaruh pad kehidupan sehari-hari. Kalian akan terbiasa untuk fokus dan berkonsentrasi. Daya fokus dan konsentrasi kalian pun dapat meningkat saat meengerjakan suatu hal.

3. Meningkatkan Imajinasi

Jika yang kalian baca merupakan sebuah buku fiksi, pasti kalian akan membayangkan setiap tema berikut plot atau setting tempat yang biasanya dijabarkan juga oleh penulis. Imajinasi kalian akan melayang-layang dipikiran. Bahkan, bisa jadi apa yang kalian imajinasikan lebih bagus daripada yang dimaksudkan penulis sebenarnya.

Ini akan sangat bermanfaat untuk mengeksplor daya imajinasi yang kalian miliki. Apabila kalian bergelut di bidang desain, tentu iniakan sangat bermanfaat bukan.ide-ide pun akan dapat mengalir dengan mudah dan lancar.

Bagaimana? Masih enggan untuk tertarik membaca? Yuk mulai rajin membaca, agar analisis kita lebih maju dan pola pikir kita lebih terbuka.