Saat ini tak hanya wanita saja yang memberi perhatian besar pada penampilan. Kaum pria juga dituntut untuk selalu tampil menarik sebagai impresi diri di hadapan publik. Lalu, apa busana apa saja yang wajib dimiliki jika ingin disebut sebagai pria modern yang mengikuti tren? Ini dia listnya.

• Kemeja Warna Putih

Kemeja warna putih merupakan item busana yang wajib dimiliki oleh pria modern. Kemeja putih ini sangat berguna terutama untuk dikenakan di kesempatan formal seperti wawancara kerja, bekerja, acara pernikahan dan acara formal lainnya. Pastikan Anda membeli kemeja dari bahan berkualitas sehingga warnanya tak lekas pudar dan lebih tahan lama.

• Jas Berwarna Biru Tua

Jas(suit) berwarna biru tua menjadi item busana selanjutnya yang harus ada di lemari pria. Setelan jas warna biru tua memiliki kesan klasik tak lekang oleh waktu dan memancarkan ketegasan dan keeleganan pemakainya. Anda bisa memilih setelan warna biru dengan dua kancing dan opsi saku dalam dan saku luar.

• Jeans Warna Gelap

Hampir semua wanita maupun pria pasti memiliki item busana ini di lemari mereka. Celana jeans warna gelap termasuk item fashion yang serbaguna karena bisa dikombinasikan dengan busana lainnya seperti t-shirt, kemeja, jas dan jaket. Meski terkesan formal, saat ini celana jeans warna gelap bahkan sering dipakai di kesempatan semi formal.

• Sabuk dan Sepatu Kulit

Sepatu kulit seperti Oxford, Brogue, pantofel atau Derby dan sabuk kulit juga menjadi item fashion yang wajib dimiliki oleh pria. Material kulit yang berkualitas bisa menguatkan tampilan Anda dalam kesempatan apapun. Sepatu kulit dan sabuk kulit yang minim dekorasi bisa dipakai di kesempatan kasual maupun formal meskipun memberikan kesan tegas.

• Jaket Bomber

Jaket bomber disukai oleh pria maupun wanita. Item busana yang terinspirasi dari jaket pilot pesawat tempur Angkatan Udara Amerika Serikat ini sering dianggap sebagai busana wajib ketika pergi hangout atau berkendara. Jaket bomber yang stylish juga mudah dikombinasikan dengan busana lainnya seperti kaos berwarna cerah, celana jeans dan sepatu boots.

• Dasi Warna Gelap

Dasi berwarna gelap seperti hitam atau biru tua juga menjadi item busana yang wajib dimiliki oleh pria modern. Dasi berwarna biru tua cocok dipakai sebagai padanan busana kerja maupun busana semi formal. Warna dasi biru tua tak hanya melengkapi penampilan Anda, tapi juga menguatkan kesan elegan dan mewah pemakainya.

• Jam Tangan

Jam tangan tak hanya berperan sebagai penunjuk waktu tapi juga sebagai pelengkap penampilan Anda. Dengan mengenakan jam tangan, Anda pun bisa tampil lebih percaya diri dan tampak lebih profesional. Itu sebabnya hampir semua eksekutif muda mengenakan jam tangan ketika bekerja.

Memilih jam tangan pun tak bisa sembarangan. Lebih baik memiliki beberapa model jam tangan yang bisa dipakai sesuai dengan kebutuhan. Pilih jam tangan model formal seperti jam tangan Daniel Wellington untuk dipakai di kesempatan formal seperti meeting atau acara pesta dan pilih jam tangan G-Shock jika Anda menyukai aktivitas outdoor.

• T-shirt Polos

T-shirt polos juga menjadi item busana yang wajib ada di lemari pria. Kaos polos dengan kerah bulat atau v-neck berwarna abu-abu, hitam atau putih biasa digunakan sebagai baju dalaman sebelum mengenakan jas, blazer, kemeja flannel atau jaket.

Dengan memiliki semua item busana di atas, Anda pun siap tampil percaya diri di segala kesempatan. Yang perlu menjadi perhatian adalah memastikan untuk memilih jenis busana yang sesuai kebutuhan dan karakter Anda.