1. Model tampilan dapur

Kesan pertama yang harus dibangun untuk yaitu menciptakan suasana yang nyaman pada dapur yang menyatu dengan tempat makan. Karena model dapur yang menyatu dengan tempat makan maka konsep yang diterapkan adalah dapur model terbuka yang tidak ada sekat atau tembok pembatas hanya ada semacam bidang masive yang mengelilingi sebagai tanda bahwa di dalamnya adalah area dapur. Untuk tempat makan anda dapat memposisikannya di tengah ruangan atau di dekat jendela yang dapat memberi udara yang lebih segar saat bersantap.

2. Area dapur

Untuk area dapur sebenarnya terdapat beberapa cara untuk menata dapur model terbuka. Misalnya dengan bentuk melingkar di tengah ruangan, kemudian berbentuk persegi atau memanjang di salah satu sisi ruangan atau peninsula (membentuk huruf U)

3. Pemilihan peralatan dapur

Furniture dan peralatan dapur juga perlu diperhatikan mulai dari ukuran dan jumlahnya terlebih untuk dapur yang minimalis. Dengan sedikitnya ruang yang dapat dimanfaatkan maka menggunakan furniture atau peralatan yang juga minimalis dapat membantu menghemat ruang sehingga area dapur tidak terlihat terlalu penuh.

4. Konsep dan warna

Konsep dan warna pada dapur yang menyatu dengan ruang makan juga perlu diperhatikan. Pemilihan konsep dan pengkombinasian warna haruslah senada. Misalnya jika yang dipilih warna cerah maka gunakan warna cerah lainnya sebagai bahan kombinasinya.

Kelebihan Model Dapur Menyatu Ruang Makan

1. Memiliki kesan dekoratif yang unik

Konsep dapur rumah yang menyadu dengan tempat makan memang memiliki kesan unik tersendiri yang tidak dimiliki oleh konsep dapur lainnya. Konsep ini sering dipakai di cafe atau restoran berkelas. Dengan ditambah interior dapur dan sedikit hiasan di beberapa bagian maka ruang dapur plus ruang makan akan semakin unik.

2. Menghemat ruang

Keuntungan lainnya dengan menerapkan konsep dapur semacam ini yaitu dapat lebih menghemat ruang di dalam ruamh. Dengan konsep dua ruangan yang dijadikan satu pastinya akan lebih menghemat ruang, namun dengan model dapur yang terbuka tetap bisa beraktifitas seperti biasa bahkan pergerakan dan mobilitas akan terasa lebih lancar.

3. Dapat mempererat hubungan kekeluargaan

Konsep dapur yang terbuka akan membuat komunikasi antar setiap anggota keluarga semakin lancar walaupun dengan suara yang biasanya ditimbulkan karena aktivitas yang dilakukan di dapur seperti menggunakan mixer atau blender. Maka dengan begitu hubugan kekeluargaan juga akan semakin erat

4. Dapat menyimpan lebih banyak jenis barang

Walaupun menerapkan konsep dua ruang menjadi satu namun konsep seperti ini akan lebih mampu menyimpan banyak jenis barang jika dibandingkan dengan dapur yang tertutup

5. Terbebas dari bau

Keuntungan terakhir yang akan dirasakan jika menggunakan konsep dapur terbuka dan menjadi satu dengan tempat makan yaitu terbebas dair berbagai macam bau yang tidak sedap karena sirkulasi udara yang lebih luas dan lebih lancar.