Seperti yang telah dijelaskan, kesesuaian produk pembersih gigi dan mulut sangat berpengaruh. Produk yang tepat akan memudahkan individu membersihkan kotoran sisa makanan yang tertinggal di sela gigi. Selain itu, menjaga kebersihan gigi dan mulut bisa juga dengan sering berkumur setelah makan.

Setelah melakukan itu semua, jika sariawan tetap muncul, obatilah luka pada mulut tersebut sesegera mungkin agar tidak mengganggu aktivitas. Selain dengan obat yang tersedia di banyak apotek, sariawan juga bisa disembuhkan dengan obat dari bahan alami seperti yang akan dijelaskan berikut.

1. Air kelapa

Air kelapa bisa digunakan untuk menyembuhkan luka pada mulut. Caranya pun mudah dan menyenangkan. Individu yang menderita sariawan bisa menggunakan air kelapa untuk menyembuhkan dengan cara menjadikannya cairan untuk berkumur atau pun langsung ditelan.

Dengan menggunakan air kelapa, mengobati sariawan tidak akan terasa seperti peyiksaan. Kenikmatanlah yang justru akan diperoleh. Apalagi kandungan air kelapa juga baik bagi kesehatan tubuh. Sehingga tidak hanya sariawan yang akan disembuhkan, tetapi kebugaran juga bisa didapatkan.

2. Kulit batang muda jambu air

Bagi sebagian orang mungkin bahan ini bukan suatu obat yang familiar atau sering digunakan. Namun, pada kenyataannya kulit batang muda buah jambu air bisa digunakan untuk menyembuhkan sariawan. Caranya pun mudah. Terlebih dahulu tumbuk kulit batang muda jambu air hingga halus. Setelah itu, campurkan air ke dalamnya.

Larutkan dan peras bahan tersebut. Gunakan air hasil perasan kulit batang muda jambu air yang diperoleh untuk berkumur. Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya cocok untuk digunakan sebagai pembunuh bakteri yang ada dalam mulut. Secara perlahan sariawan akan hilang dengan pemakaian yang teratur.

3. Kopi

Kopi tidak hanya digunakan sebagai teman begadang mengerjakan pekerjaan di malam hari. Ternyata kopi juga bisa digunakan sebagai obat sariawan. Jika selama ini kita mengetahui cara pembuatan kopi adalah dengan diseduh menggunakan air hangat, beda caranya jika kopi dijadikan obat sariawan.

Caranya tidak memerlukan waktu yang lama dan hanya dengan cara yang mudah. Letakkan sejumput kopi tepat di atas sariawan yang ada. Awalnya akan terasa perih, tetapi jika dilakukan secara rutin, luka pada mulut akan segera menutup hingga kemudian hilang.

4. Air garam

Kombinasi kedua bahan yang sangat mudah didapatkan ini mungkin sudah sering digunakan. Air dan garam bisa dicampurkan hingga akhirnya menjadi obat sariawan. Caranya dengan melarutkan garam pada air dengan porsi yang seimbang. Setelah itu gunakan larutan tersebut sebagai obat kumur. Gunakan larutan garam secara teratur hingga sariawan hilang.