Mengatur keuangan memang tidak mudah. Tidak semua orang punya waktu atau pengetahuan yang cukup untuk mengatur keuangannya dengan baik. Oleh sebab itu, untuk membantu kalian maka ada baiknya jika kalian menggunakan aplikasi catatan keuangan yang bisa dibawa kemanapun. Dengan begitu, kalian bisa lebih mudah mengatur catatan keuangan.

Rekomendasi aplikasi keuangan terbaik

Dari begitu banyak aplikasi keuangan yang ada, kalian tentu kebingungan memilih aplikasi mana yang kira-kira cocok dengan kalian. Oleh karena itu, 3 aplikasi di bawah ini mungkin bisa dijadikan referensi untuk memilih aplikasi mana yang sesuai kebutuhan kalian.

1. Mint

Aplikasi populer terutama di kalangan milenial karena sudah menyediakan semua fitur yang dibutuhkan dalam satu aplikasi. Beberapa fitur yang penting adalah rekening bank, giro, pinjaman kredit, tagihan bulanan bahkan hingga portofolio investasi. Aplikasi ini akan mengatur porsi keuangan kalian dalam berbagai kategori yang berbeda tergantung kebutuhan.

Tampilan aplikasi ini juga sangat mudah dipahami bahkan bagi kalian yang tidak terlalu paham akuntansi. Hal ini dikarenakan kondisi keuangan kalian akan ditampilkan dalam grafik yang sederhana. Aplikasi ini juga bisa memberikan peringatan jika kalian memiliki tagihan yang berlebihan.

2. Money Lover

Bagi kalian yang ingin mencatat pengeluaran secara harian maka aplikasi ini akan sangat membantu kalian. Dengan mencatat pengeluaran setiap hari, kalian bisa mengaturnya menjadi berbagai kategori sesuai kebutuhan sehari-hari seperti makanan, hiburan dan transportasi.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membuat anggaran belanja, mencatat pendapatan dan pengeluaran. Bagi kalian yang tertarik, kalian bisa mencoba versi gratis dan premium dari aplikasi ini melalui Play Store atau Apple App Store.

3. Buku Warung

Berbeda dengan 2 aplikasi sebelumnya, aplikasi ini selain bisa digunakan untuk mencatat keuangan pribadi juga bisa digunakan untuk mencatat keuangan bisnis. Selain gratis, aplikasi ini ternyata memiliki banyak fitur yang bisa diandalkan dalam mengawasi keuangan.

Ada fitur yang mempermudah pengguna mencatat dan menghitung sisa hutang konsumen. Bahkan ada fitur yang bisa mengingatkan konsumen untuk membayar hutang melalui SMS. Jadi kalian tidak perlu repot menghubungi satu persatu.

Sistem keamanannya juga lumayan bagus. semua data keuangan yang kalian miliki akan disimpan secara online sehingga data tersebut tidak akan hilang. Meskipun kalian berganti Hp, data yang disimpan tidak akan berubah.

Selain ketiga aplikasi yang membantu keuangan di atas, sebenarnya masih ada banyak sekali aplikasi catatan keuangan yang memiliki fitur tidaklah bagusnya. Namun, apapun aplikasi yang kalian gunakan kalian harus tetap berdisiplin dan berhati-hati dalam mengatur keuangan. Sebab jika tidak, sebaik apapun aplikasi yang digunakan maka semuanya akan sia-sia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.