Inferior merupakan perasaan yang seolah-olah diri sendiri tidak sempurna atau tidak lengkap. Hal itulah yang membuat individu akan sulit untuk menuju kesuksesan. Ketika perasaan tersebut timbul, biasanya orang itu akan mengekspresikannya dalam bentuk benci pada orang lain yang lebih sukses darinya. Iri hati pun juga menjadi salah satu bentuk ekspresi yang paling sering mereka berikan pada orang-orang yang sukses.

Namun, Anda harus melawannya dengan berbagai cara agar kesuksesan Anda tidak terhambat oleh perbuatan para haters. Banyak hal yang bisa Anda lakukan ketika haters menyerang Anda. Berikut beberapa tips-tipsnya.

1.Abaikan semua komentar negatifnya

Ketika orang-orang inferior merasa kesal dengan kesuksesan seseorang, biasanya mereka akan terus menerus memberikan komentar negatif agar bisa menjatuhkannya. Tapi, Anda yang ingin terus sukses harus bisa mengabaikan semua komentar negatifnya.

Memang sulit untuk mengabaikannya, apalagi mereka melakukannya terus menerus. Tapi, Anda harus tetap mengabaikannya karena Anda harus membuat mereka sadar kalau Anda justu menyangkalnya.

2.Jangan dimasukan ke hati

Saat ada orang yang iri pada kesuksesan Anda, kata-kata negatif pasti akan terus Anda dapatkan. Namun, jangan menyalahkan diri Anda karena masalah itu timbul dari orang itu sendiri. Anda hanya perlu menaikan kepercayaan diri Anda sendiri dan jangan sampai orang yang membenci Anda mengurangi rasa percaya diri Anda karena akan mengakibatkan keragu-raguan dalam menuju kesuksesan.

Biarkan saja mereka berkata apa. Intinya Anda tetap lakukan pekerjaan yang Anda sukai. Ingat, kata-kata negatif yang mereka lontarkan pada Anda jangan sampai Anda masukan ke dalam hati. Mereka hanya tidak sadar berkata apa karena rasa benci sudah tumbuh dalam diri mereka. Karena itulah, fokus saja pada pekerjaan Anda dan lebih dekatkan diri pada orang-orang yang mendukung Anda.

3.Hadapi langsung

Terkadang sangat sulit mengabaikan kalimat-kalimat negatif yang dilontarkan para haters. Satu-satunya cara yaitu hadapi langsung orang yang membenci Anda. Cara tersebut terkadang perlu Anda lakukan agar tekanan rasa iri yang mereka miliki bisa perlahan-lahan lepas. Selain itu, Anda yang ingin melawannya juga perlu mengajaknya berbicara perlahan-lahan. Sebisa mungkin bicaralah dengan sabar dan jangan terpancing emosi.

4.Berada di lingkungan positif

Cara lain yang perlu Anda lakukan dalam menghadapi haters adalah Anda harus berada di lingkungan yang membawa dampak positif untuk Anda. Cobalah Anda berkumpul bersama dengan orang-orang yang benar-benar aktivitas Anda. Dengan begitu, mereka yang tidak suka dengan Anda akan semakin sulit untuk mendekati Anda untuk melawan.

Tidak ada salahnya juga mencoba berteman dengan teman-temannya orang yang membenci Anda. Sapalah mereka terlebih dahulu dan dekati perlahan-lahan. Dengan begitu pun ia akan merasa seperti orang luar. Seiring berjalannya waktu, ia pasti akan sadar dengan perbuatannya.

Dari tips-tips di atas, memang tidak mudah melakukannya. Anda harus menghadapinya dengan sabar dan jangan sering terpancing emosi karenanya. Intinya, fokus saja apa yang sedang Anda kerjakan dan dekatkan diri dengan orang-orang yang mendukung Anda.