Gadget adalah salah satu kebutuhan primer yang sudah menjadi sangat penting bagi siapapun. Di mana-mana orang menjual smartphone agar semua orang dapat menikmati manfaatnya. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan memakai smartphone, yakni berselancar di situs online, berbelanja online, hingga mengakses media sosial.

Tapi, lambat laun, orang-orang menjadi ketergantungan pada perangkat elektronik ini, sehingga menimbulkan berbagai dampak negatif yang dapat terjadi kapanpun. Bahayanya terlalu lama memegang gadget adalah produktivitas semakin terganggu, sosialisasi dengan teman maupun keluarga berkurang, penyakit mata, dan sebagainya.

Karena itulah, ada baiknya kalau Anda melakukan puasa gadget beberapa waktu. Tanda-tanda yang perlu Anda perhatikan sebagai waktu yang tepat untuk beristirahat sejenak dari smartphone, seperti di bawah ini.

1.Tubuh terasa nyeri

Menggunakan gadget terlalu lama akan membuat beberapa tubuh akan terasa nyeri, seperti di bagian pergelangan tangan, punggung, maupun leher. Ketika Anda sudah mulai merasakan tanda-tanda tersebut, ada baiknya kalau Anda berhenti sebentar dan meregangkan otot-ototnya.

Tidak ada salahnya kalau Anda melakukan rileksasi dengan memijit di beberapa bagian tersebut. Berhentilah sejenak, setidaknya kurang lebih 1 jam agar otot kembali berfungsi dengan baik.

2.Timbul kecemasan

Tidak jarang orang sering melakukan pengecekan sosial medianya setiap menjelang ingin tidur, bangun tidur, macet, bahkan saat di kantor atau kampus. Ketika mereka tidak mengeceknya hanya beberapa saat saja, tentu mereka akan mulai timbul perasaaan yang gelisah dan takut. Tanda-tanda ini sebenarnya sudah cukup berbahaya dan harus diwaspadai karena Anda sudah termasuk orang yang benar-benar kecanduan.

Di saat Anda sudah mulai merasakannya, usahakan Anda melakukan puasa gadget bagaimana pun caranya. Cara yang paling sederhana, Anda bisa sibukan diri dengan melakukan kegiatan kesukaan Anda. Selain itu, Anda juga dapat meluangkan waktunya untuk menonton TV, membaca buku, atau pergi ke tempat-tempat seru untuk dikunjungi.

3.Tergoda mengecek sosmed

Masih lanjutan dari poin sebelumnya. Ketika Anda sedang berusaha untuk tidak membuka media sosial, tentu akan ada banyak godaan yang tiba-tiba datang untuk memaksa Anda membukanya. Contohnya saja ketika Anda berkumpul bersama dengan teman-teman. Pasti sebagian besar dari mereka sibuk dengan smartphone mereka hanya untuk mengakses akunnya.

Hal tersebut tentu membuat Anda tergoda ingin membuka sosmed Anda. Tapi, usahakan Anda jangan terpengaruh dan ajaklah mereka berbicara agar mereka meletakan gadget mereka. Ada baiknya Anda memiliki sedikit teman yang nyata dibandingkan mempunyai banyak teman virtual yang tidak sepenuhnya mengenal Anda.

4.Mulai mengganggu produktivitas

Ketika di kantor atau kampus, tidak jarang kita membuka smartphone untuk mengecek notifikasi atau membuka aplikasi lainnya. Padahal, hal tersebut akan mengganggu waktu Anda untuk melakuka kegiata penting lainnya, seperti mengerjakan tugas kampus atau pekerjaan kantor.

Ada baiknya kalau Anda menyimpannya dalam tas dan jangan lupa simpan dengan keadaan mati atau silent. Tentu kondisi HP seperti itu tidak akan mengganggu waktu Anda untuk bekerja atau beraktivitas.

Smartphone memang digunakan untuk berkomunikasi dan mencari informasi yang dibutuhkan. Namun, kalau Anda tidak menggunakannya dengan bijak, tentu akan menjadi dampak yang negatif. Kecanduan gadget adalah kebiasaan yang tidak sehat dan mengundang berbagai macam penyakit. Lebih baik Anda biasakan diri untuk puasa gadget.